Pulau Sempu

Posted: 22 Oktober 2013 in Perjalanan
Tag:, , , , ,

Apa sih hebatnya Pulau Sempu? Amazingnya Pulau Sempu? Kok sampai segitunya berkali-kali kesana… Ya, saya sudah 7 kali melakukan perjalanan ke Pulau Sempu, dalam kurun waktu 3 tahun, dari tahun 2010 sampai 2013. Apa nggak bosen? Jawabannya “enggak”.

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil dengan luas 877 hektar yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa, berbatasan dengan Pantai Sendang Biru disebelah utara, dan Samudera Hindia disebelah barat, timur dan selatannya. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang – Jawa Timur. Saat ini Pulau Sempu “masih” merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dikatakan “masih” karena setelah terjadi perdebatan panjang antara pihak pengelola (Dinas Kehutanan/BKSDA), perwakilan Pecinta Alam, dan penduduk setempat, dicapai hasil sementara bahwa Pulau Sempu diturunkan statusnya menjadi “boleh untuk umum” meskipun status resminya masih Cagar Alam (baca definisi dan aturan-aturan tentang “cagar alam”), sehingga pro dan kontra masih terjadi perihal pengunjung.

Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau, dikatakan nyaris karena baru-baru ini saya dengar kabar ada sumber air di Pulau Sempu yang disebut-sebut Banyu Towo. Ada juga sih, pernah nemu di dekat sebuah pantai di bagian selatan Pulau Sempu, tapi lebih seperti air tadah hujan? IDK it for sure.

Nah, di pulau tanpa penduduk ini dihuni oleh bermacam satwa diantaranya macan tutul/kumbang, biawak, ular pyton, ular cobra, ular ijo, kelinci, babi hutan, lutung jawa, monyet dan kijang. Sebagian besar ular berasal dari sitaan yang kemudian dilepaskan di Pulau Sempu. Mengenai macan kumbang bukan hanya cerita fiktif karena kakak saya melihat langsung pelepasan macan-macan tersebut di Pulau Sempu sekitar tahun 1990-2000, dia sudah lupa -__-‘…. Mengapa kakak saya bisa melihat langsung kegiatan tersebut? Karena kakak saya Petugas Perhutani yang notabene sebagai pengelola cagar alam Pulau Sempu melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam. Jadi bisa diyakini berita tentang masih adanya macan di Pulau Sempu bukan isapan jempol belaka.

Didalam kawasan Pulau Sempu, sebagian besar adalah hutan belantara yang rimbun, terdapat pula 3 telaga, yaitu Telaga Lele, Telaga Dowo dan Telaga Sat. Namun tujuan utama para pengunjung adalah Segara Anakan, sebuah laguna yang sangat indah, terletak di bagian barat daya Pulau Sempu.

GambarCitra satelit Pulau Sempu

Rute utama para pengunjung adalah dari Sendang Biru (a) menuju Teluk Semut (b) selama kurang lebih 15 menit menyewa perahu, seharga 100ribu PP, kemudian menyusuri track hutan bagian barat Pulau Sempu selama 1-2 jam (bisa 3 jam atau lebih jika musim penghujan, beceeekk), menuju ke Segara Anakan (c). Untuk spot pantai-pantai dari “d” sampai “i” jangan harap bertemu orang… Kecil kemungkinan ada pengunjung ke pantai-pantai tersebut. Apalagi rute “jalur tengah”, yaitu dari Sendang Biru (a) merapat ke Pantai Waru (j), menyusuri bagian tengah Pulau Sempu yaitu hutan belantara, melewati Telaga Lele (k), Telaga Dowo (l) dan Telaga Sat (m). Rute tersebut adalah jalur utama para peneliti, dan merupakan wilayah interaktif binatang-binatang dikarenakan dekat dengan sumber air yaitu Telaga Lele.

Setiap pengunjung mestinya harus didampingi guide. Ini karena pengunjung Pulau Sempu rawan tersesat. ‘’Orang rawan tersesat karena tidak tahu jalur. Terdapat sekitar 25 persimpangan jalan setapak di Pulau Sempu, Jalan setapak itu bukan jalan yang disediakan untuk wistawan. Melainkan jalur patroli petugas’’ ujar Setyadi, Kepala Resort BKSDA Pulau Sempu. Beliau juga mengakui banyak terjadi peristiwa-peristiwa mistis di Pulau Sempu, yang mengakibatkan sering terjadi orang tersesat. Namun demikian, sampai saat ini tidak pernah ada catatan pengunjung Pulau Sempu yang diserang binatang buas.

Demikian sekelumit penjelasan tentang Pulau Sempu, jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanya saya, kalau saya gak bisa menjawab, silahkan tanya mbah gugel aja ya heheh… Selanjutnya, saya ingin berbagi cerita perjalanan-perjalanan saya ke Pulau Sempu, beserta foto-foto di postingan saya lainnya, selamat membaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s